Selamat Datang Di Blog Saya

Khasiat Daun Sirih Merah

Ditulis oleh: -

KHASIAT DAUN SIRIH MERAH

POSTED BY BERKHASIAT.COM HARI SABTU, 13 APRIL 2013 0 COMMENTS
KHASIAT DAUN SIRIH MERAH

Khasiat Daun Sirih Merah - Daun sirih merah yang memiliki nama ilmiah Piper Crocatum merupakan tanaman herbal yang sudah digunakan dari sejak jaman nenek moyang kita dulu. Daun sirih merah merupakan tanaman merambat yang sejak dulu banyak digunakan oleh orangtua untuk menjaga kekuatan gigi dengan cara dikunyah bersama gambir, pinang dan kapur. Ciri dari tanaman yang dapat hidup di iklim tropis ini adalah memiliki batang bulat hijau keunguan dan tidak berbunga, permukaan dari daun sirih merah mengkilap dengan bagian atasnya meruncing. 

Khasiat daun sirih merah 

Daun sirih merah ini sudah banyak dipercaya memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat untuk kesehatan juga kecantikan. Hal yang paling umum dari khasiat daun sirih merah adalah untuk mengurangi keputihan dan kebersihan organ intim wanita, karena daun sirih merah bersifat sebagai anti-septic. Dan di jawa terutama di Kraton Yogyakarta, daun sirih merah ini telah di konsumsi sejak dulu untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Segudang khasiat dari daun sirih merah dikarenakan tanaman ini memiliki kandungan senyawa aktif seperti alkaloid, polevenolad, flavonoid, tanin, dan minyak asiri. Senyawa alkaloid mempunyai sifat antineoplastik yang ampuh untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, sedangkan senyawa polevenolad dan flavonoid bersifat antikanker, antioksidan, antidiabetik, antiseptic dan antiinflamasi. 
Selain banyaknya kandungan yang baik untuk kesehatan, daun sirih merah juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit, seperti berikut : 
  1. Berkhasiat untuk mengobati penyakit kulit, seperti gatal-gatal dan luka. 
  2. Berkhasiat untuk mencegah dan mengobati penyakit diabetes. 
  3. Berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit TBC tulang. 
  4. Berkhasiat untuk mencegah dan mengobati penyakit kanker, maag, dan batu ginjal. 
  5. Berkhasiat untuk mencegah dan mengobati ambeien, keputihan dan bau mulut. 
  6. Berkhasiat untuk mengobati gigi berlubang, bau mulut serta meredakan gusi berdarah. 
  7. Berkhasiat untuk mencegah serangan penyakit jantung. 
  8. Berkhasiat untuk meredakan panas demam.

Selain dapat dikonsumsi secara langsung, daun sirih merah juga dapat dengan mudah ditemukan dalam kemasan yang sudah diolah menjadi obat kumur atau obat untum membersihkan organ intim wanita. Sejak dulu daun sirih merah memang sudah digunakan sebagai tanaman herbal untuk mengobati beberapa penyakit, tak heran jika harga per lembar daun sirih merah bisa mencapai antara Rp. 4000 hingga Rp. 7000 per lembar, sedangkan untuk daun sirih merah berkualitas super harganya bisa lebih dari Rp. 100.000 per kilonya. 

Khasiat daun sirih merah 

Untuk mendapatkan daun sirih merah tidaklah sulit karena daun sirih merah banyak tumbuh dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan terimakasih sudah menyimak informasi mengenai khasiat daun sirih merah.

0 komentar "Khasiat Daun Sirih Merah", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar